Rabu, 13 September 2017

6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes

6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes - Jika Anda sudah melakukan yoga rutin dan berlari, tapi jangan sampai hasil maksimal, cobalah mengikuti program fitnes. Kebanyakan wanita merasa tidak aman dan tidak nyaman saat menghadiri fitnes. Hal ini disebabkan rasa takut memiliki tubuh berotot besar seperti pria, dan juga khawatir dengan bahaya yang akan terjadi pada sendi wanita.
6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes
6 Alasan Mengapa Wanita Perlu Fitnes

Padahal, kebugaran sangat membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat. Tak pas, program kebugaran juga bisa memaksimalkan usaha diet Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut 6 alasan mengapa Anda harus mengikuti kebugaran.

1. Kalori menurun, kekuatan meningkat
Kalori yang digunakan oleh tubuh Anda akan lebih efisien bila massa otot dan kekuatan Anda meningkat. Latihan beban dan kebugaran membakar lebih banyak kalori daripada berjalan kaki, berjalan akan membakar lebih banyak kalori daripada berdiri, dan membakar lebih banyak kalori daripada duduk. Kalori yang terbakar oleh tubuh akan semakin banyak jika kontraksi otot banyak. Karena itu, agar kalori Anda tidak menumpuk sebagai lemak, memaksimalkan pembakaran kalori melalui kebugaran. Kontraksi otot akan meningkatkan kekuatan dan mengurangi kalori tubuh.

2. Lebih Efektif Membakar Lemak Tubuh
Banyak orang takut kebugaran dan takut angkat beban. Mereka berpikir melakukan hal itu hanya akan meningkatkan ukuran otot sehingga terlihat bagus. Meski tujuan kebugaran tidak hanya itu, tapi juga untuk membakar lemak tubuh. Manfaat paling nyata selama dan setelah kebugaran adalah kebutuhan tubuh untuk meningkatkan oksigen, bahkan berhari-hari setelah kebugaran. Hal ini biasa disebut dengan EPOC, Excess Post-Exercise Oxygen Consumption. Bila tubuh menggunakan lebih banyak oksigen, maka kalori yang dilepaskan akan lebih banyak untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Pembentukan tubuh
Wanita yang paling didambakan adalah memiliki bentuk tubuh yang seksi dan ideal. Saat Anda membangun otot melalui kebugaran atau latihan beban, lemak di tubuh Anda akan menurun seiring otot tubuh Anda akan lebih berbentuk. Inilah yang membuat penampilan Anda terlihat lebih seksi. Melakukan olahraga teratur akan menyeimbangkan kadar lemak dan otot dalam tubuh, dan akan memberi Anda ideal body curves.

4. Kualitas tidur yang lebih baik
Latihan beban dan kebugaran yang dilakukan setiap hari akan sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Anda akan tidur lebih cepat, Anda akan menjadi lebih baik dan bangun pagi-pagi. Olahraga fisik secara teratur akan meningkatkan kualitas tidur nyenyak Anda sehingga Anda bisa bangun pagi hari dalam kondisi yang tepat. Alih-alih hanya minum kopi atau teh di sore hari, apakah akan lebih baik jika latihan beban dengan bobot atau bar yang benar? Anda bisa menambahkan energi Anda setiap hari loh!

5. Tingkatkan kesehatan jantung dan tulang
Satu studi menunjukkan bahwa mereka yang jarang melakukan latihan beban cenderung memiliki kadar gula darah tinggi, hipertensi, ukuran pinggang yang besar, dan juga sangat berisiko terhadap penyakit kardiovaskular (jantung dan stroke). Meskipun detak jantung Anda meningkat selama latihan beban, tekanan darah Anda akan turun secara signifikan setelah latihan beban.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, latihan beban dan kebugaran juga bertujuan memperkuat tulang. Seperti kita ketahui, wanita berisiko tinggi mengalami osteoporosis dibandingkan pria. Ini karena di usia tua dan menopause tubuh wanita tidak lagi menghasilkan hormon estrogen. Peneliti di McMaster University di Kanada menemukan bahwa latihan fisik secara teratur akan meningkatkan massa otot di tulang belakang sebesar 9%. Ini menunjukkan betapa pentingnya membuat kebugaran bagi wanita di usia dini untuk mencegah penuaan dini.

6. Meringankan Stres
Kebugaran dan latihan beban dikenal sebagai cara untuk mencegah dan mengatasi stres. Mereka yang rutin melakukan latihan beban lebih mampu menangani dan menghindari stres dibanding mereka yang tidak pernah latihan beban. Selain itu, olahraga teratur adalah ketahanan terhadap latihan fisik. Pada orang dewasa, kebugaran fisik bisa memperbaiki fungsi otak dan meningkatkan daya ingat.

Baca juga: Sunat Pekanbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar