Kamis, 14 September 2017

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan - Manfaat buah persimmon cukup. Buah kesemek itu sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat bergizi bagi tubuh. Kalaupun kandungan gizi buah kesemek ini sama dengan manfaat apel.
Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Buah kesemek mengandung serat tinggi. Kandungan seratnya dua kali lipat dari buah apel. Selain rasanya yang manis, buah kaki kaya manfaat. Manfaat mengkonsumsi buah kesemek bisa dirasakan oleh tubuh.


Berikut 15 manfaat kesemek untuk kesehatan tubuh

Mencegah pembuluh darah menjadi keras
Menstabilkan tekanan darah
Mencegah kanker
Membelot penuaan dini
Pertahankan fleksibilitas pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap normal
Menjaga kesehatan organ paru
Memperkuat limpa
Pelangsing bagi mereka yang kelebihan berat badan
Mencegah penyakit makula pada lansia
Meningkatkan produksi sel darah merah sehingga kebutuhan sel oksigen dan nutrisi terpenuhi dengan baik
Menjaga kesehatan kardiovaskular
Perbaiki sistem kekebalan tubuh
Sirkulasi Darah Lembut
Memperbaiki proses metabolisme dalam tubuh
Antitumor
Manfaat buah persimmon untuk pengobatan

16. Mengatasi Hipertensi

Baca juga: sunat pekanbaru

Manfaat kesemek bisa dirasakan oleh tubuh hanya dengan langsung mengkonsumsi buah kesemek. Selain itu bisa langsung dikonsumsi, buah kesemek juga bisa diolah menjadi jus segar. Minum jus buah kesemek setiap hari maka penyakit hipertensi akan berangsur membaik.

Cara lain untuk mengolah buah kesemek yang bisa digunakan sebagai obat adalah dengan cara pengeringan. Buah khaki yang sudah kering bisa membuat ramuan untuk di minum. Cara melakukannya juga sangat mudah:

Siapkan dua potong kesemek kering
Masukkan panci dan air dan uap sampai matang
Murni dikukus kesemek dan haluskan
Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk dan minum
Bahan tradisional yang terbuat dari buah persimmon yang lembut sangat efektif untuk menyembuhkan batuk dengan dahak dan asma.

17. Pengobatan sakit perut

Nah, untuk meringankan sakit perut, Anda bisa meringankannya dengan mengonsumsi kesemek segar. Rasa sakit dan panas di perut akan hilang sendiri. Ada juga ramuan obat tradisional lainnya yang terbuat dari kesemek kering, yang merupakan ramuan tradisional untuk menyembuhkan diare atau disentri. Cara membuat:

Rebus 2 buah kesemek kering
Aduk sampai bubur menjadi bubur.
Kemudian campurkan dengan air jeruk nipis dan nasi ketan
Konsumsi ramuan obat dari kesemek kering 3 kali sehari
Manfaat buah kesemek di bidang kuliner

Meski disebut 'apple java', buah kesemek memiliki tekstur daging buah yang berbeda. Jika daging apel itu teksturnya keras, tidak dengan tekstur kesemek. Tekstur daging kesemek lebih lembut dan lebih encer. Hal ini juga sangat berbeda dengan rasa daging apel.

Daging apel memiliki rasa pahit, sedangkan daging kesemek memiliki rasa yang sangat manis. Jadi tetap enak jika buahnya instan dimakan langsung alias jus atau kesemek buah olahan lainnya. Rasa daging buah manis juga bisa dijadikan kue cadangan sebagai manfaat ceri.

Di daerah-daerah tertentu di Indonesia, buah kesemek disebut buah genit karena kulit buah kesemek berwarna putih seperti buah bubuk. Warna putih yang menempel pada kulit kesemek ini adalah bedak putih. Apel seperti apel yang buah kesemek ini disebut apple java.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar