Kamis, 31 Agustus 2017

Jenis Tanaman Hias Yang Mahal

Jenis Tanaman Hias Yang Mahal - Di dunia ini terdapat banyak macam tumbuhan yang hidup subur di bumi kita ini. Bumi kita merupakan planet yang mempunyai komposisi antara tanah, air dan udara yang sangat baik untuk tumbuh berbagai macam tumbuhan. Banyaknya tumbuhan yang hidup di planet bumi kita ini menjadikan bumi menjadi hijau dan subur. Diantara berbagai macam tumbuhan di dunia ini mempunyai manfaat yang berbeda-beda sehingga semakin mempermudah manusia dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.
bunga hias
bunga

Pohon Gaharu merupakan tumbuhan dari jenis pohon yang paling mahal di dunia. Hal ini dikarenakan pohon gaharu mampu menghasilkan kayu yang terjual sangat mahal. Kayu gaharu ini memiliki cirikhas yaitu menghasilkan gupal atau mengandung gupal atau resin didalamnya. Gupal atau resin ini yang menjadikan kayu tersebut mempunyai aroma yang khas dan wangi. Kayu gaharu yang mengandung gupal terjual dengan harga puluhan juta rupiah perkilogram, sehingga kayu ini layak disebut dengan pohon termahal di dunia.

Kayu gaharu ini diekspor ke berbagai negara seperti Saudi Arabia, Kuwait Yaman, United Emiret, Turki, Singapura, Jepang, China dan Amerika Serikat. Pohon ini diambil kayunya yang mengandung resin didalamnya untuk dijadikan bahan pembuatan obat-obatan serta kosmetik. Tetapi karena kayu ini harganya sangat mahal maka dalam perdagangannya diatur dalam perdagangan internasional baik jumlahnya ataupun kemana negar tersebut akan di ekspor.

Pohon gaharu mempunyai ukuran pohon dengan tinggi mencapai 40 meter dan berdiameter kurang lebih 60 cm, ini merupakan ukuran pohon yang termasuk tinggi dan besar. Pohon ini mempunyai nama latin Aqualaria spp. Pohon ini mempunyai batang lurus, tidak berbanir serta kayunya mempunyai sifat keras. Pohon ini mempunyai kulit pohon berwarna coklat keputihan dan teksturnya halus. Daun gaharu berwarna hijau dan mengkilap, bentuknya lonjong memanjang dengan ukuran panjang 5 sampai 8 cm dan lebar 3 sampai 4 cm dan merupakan daun tunggal. Tajuknya bulat, lebat dan mempunyai percabangan horizontal.

Adanya resin atau gupal yang terkandung di dalam pohon gaharu ini yang menjadikan pohon ini menjadi sangat mahal harganya. Resin atau gupal ini ada karena terjadinya infeksi sejenis jamur parasit (yang disebut kapang) dari anggota kelas Ascomycetes.

Pohon gaharu yang memiliki ataupun tidak memiliki gupal tetap diekspor dan terjual mahal. Kalau yang memiliki gupal bernilai sampai puluhan juta rupiah perkilonya, sementara yang tidak mengandung gupal bernilai sampai puluhan ribu perkilonya. Pohon gaharu memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tetapi ini justru mengancam kepunahan dari pohon tersebut karena memang menanam pohon gaharu ini membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga masyarakat lebih mudah untuk menebangnya di hutan. Karena sering ditebang sehingga menjadi tumbuhan yang hampir punah dan sementara tidak ada yang membudidayakannya.
Tumbuhan termahal dari jenis tanaman hias ada beberapa, salah satunya yaitu phillodendrum marbel varigatha. Dari berbagai macam tanaman hias yang populer, tanaman ini yang paling lama masa populernya, yaitu hingga mencapai 2 tahun.

Tanaman ini memiliki kelebihan pada bentuk daunnya yang unik, indah serta mempunyai variasi. Daunnya memiliki tulang daun yang besar dan menonjol sehingga membuat tanaman ini tampak kekar. Tanaman hias ini bisa menembus harga sampai ratusan juta rupiah.
Tanaman hias ini juga masih satu spesies dengan anthurium yaitu tanaman hias termahal yang mempunyai harga sampai jutaan rupiah. Tanaman aglonema walaupun masih kalah populer dibanding dengan anthurium tetapi dia masih bisa mencuri perhatian para pengoleksi tanaman hias, apalagi sekarang petani telah berhasil menyilangkannya dengan jenis lain yang semakin membuat tanaman hias ini nampak unik dan indah.

Tanaman ini lebih sering terkenal dengan nama Sri Rejeki. Tanaman hias ini memilki berbagai macam spesies pengelompokan tumbuhan yaitu seperti Chocin, miss Thailand, red Silver, Param Ruay, dan Pink Panther. Pink Phanter merupakan spesie yang harganya paling mahal, sementara spesies yang harganya sudah menurun dan relatif lebih murah yaitu Pride of sumatera, lady Valentine dan Donna Carmen.
Philodendron merupakan tanaman hias yang masih satu spesies dengan anthurium dan aglaonema. Philodendron memiliki daun yang leber serta keindahannya tidak hanya pada daun, namun pada bunga dan batangnya yang unik membuat para pecinta tanaman hias semakin kagum dan ingin memilikinya.

Philodendrum merupakan alternatif bagi para pecinta tanaman hias yang tidak mampu untuk membeli anthurium ataupun agaonema karena memang harganya yang sangat mahal. Philodendrom harganya dibawah anthurium dan aglaonema.
Tanaman hias jenis ini mempunyai harga yang lumayan mahal yaitu mencapai 10 juta rupiah per daunnya. Sementara satu tumbuhan bisa mencapai hingga 4 sampai 5 daun, dan satu pot biasanya ada 2 sampai 3 tumbuhan. Tumbuhan ini menjadi sangat mahal karena bentuknya yang unik yaitu dengan daun kaku dan tegak memanjang keatas, berwarna hijau tua sampai hijau mudan dan putih berlurik berpadu yang semakin menambah keindahan daunnya.

Tanaman hias ini semakin populer dan membumbung tinggi ditahun lalu. Semakin unik batang daunnya maka semakin dicari pecinta tanaman hias serta semakin mahal harganya. Dari berbagai jenis sansevieria yang oaling mahal adalah jenis kirkii silver blue.
Puring ini pada zaman dulu merupakan tanaman yang banyak tumbuh dan menghiasi kuburan. Tanaman ini sekilas nampak tidak berharga jika tumbuh di kuburan, tetapi siapa yang menyangka kalau sekarang tanaman puring ii telah naik kelas berjajar dengan tanaman hias jenis lain yang mahal harganya.

Tanaman puring ini disebut dengan tanaman kuda hitam. Daunnya berbentuk unik serta warnya daunnya juga bervariatif. Semakin unik bentuk daunnya serta semakin bervariasi warna perpaduan warna daunnya maka harga tanaman hias ini semakin mahal. Perpaduan pada warna daunnya yaitu berwarna hijau tua, hijau muda, hijau kekuningan, kuning, kuning keorenan, oren, merah, hijau keputihan, hitam kemerahan, merah kekuningan serta masih banyak variasi lain. semakin disilangkan pada cara perkembangbiakan tumbuhan ini dengan jenis lain hasilnya akan semakin indah. Tanaman yang dulu dijuluki tanaman kuburan sekarang telah banyak berada di depan rumah mewah sebagai tanaman hias yang berharga mahal.
Tanaman hias bonsai yang satu ini memang banyak dibudidayakan oleh orang China atau Tionghoa. Mereka percaya bahwa tanaman bonsai bougenvil ini akan mampu memberikan rizki bagi rumah yang dihuninya, oleh sebab itu tak heran jika harga tanaman hias ini cukup mahal dan jarang sekali dijual di pasar secara bebas.  Banyak orang yang mungkin tidak tahu bahwa hal yang paling berharga dari tanaman hias bougenvil ini adalah bunganya. Meski bunganya sangat kecil, namun bougenvil tidak setiap bulan bisa berbunga, hal itulah yang menjadi alasan kuat betapa berharganya tanaman hias jenis ini.

Dari bebagai macam jenis tanaman hias, bonsailah yang menduduki peringkat satu.  Mengapa?. Tidak hanya karena ukurannya yang kecil dan mungil namun tanaman bonsai umumnya memiliki ketahanan yang berbeda dari tanaman hias lainnya sehingga memang diperlukan treatment ekstra untuk dapat merawat tanaman jenis ini di halaman maupun pekarangan rumah Anda.  Bagi rumah dengan halaman yang tidak terlampau luas, bonsai bisa menjadi tamanan hias prioritas sebab ukurannya yang mungil tentu akan memakan tempat yang lebih sedikit dari pada Anda menanam tanaman hias daun yang notabene membutuhkan space yang lebih luas. Nah, berikut ini adalah beberapa tanaman hias bonsai berharga cukup mahal dengan keindahan luar biasa. Sangat wajib ditanam di rumah Anda sebagai pelengkap keindahan rumah paripurna.
Bougenvil

bunga-bougainvillea

Tanaman hias bonsai yang satu ini memang banyak dibudidayakan oleh orang China atau Tionghoa. Mereka percaya bahwa tanaman bonsai bougenvil ini akan mampu memberikan rizki bagi rumah yang dihuninya, oleh sebab itu tak heran jika harga tanaman hias ini cukup mahal dan jarang sekali dijual di pasar secara bebas.  Banyak orang yang mungkin tidak tahu bahwa hal yang paling berharga dari tanaman hias bougenvil ini adalah bunganya. Meski bunganya sangat kecil, namun bougenvil tidak setiap bulan bisa berbunga, hal itulah yang menjadi alasan kuat betapa berharganya tanaman hias jenis ini.

Di sisi lain, bunga dari tanaman hias bonsai ini juga beragam loh!. Beberapa warna bunga yang sering muncul diantaranya putih, ungu, jingga dan merah cerah dengan warna yang mencolok. Terkadang bunga dari bougenvil ini bisa berbunga hingga memenuhi satu pohon, batangnya berduri dan sangat cantik.
Meski sejatinya bougenvil dan asam jawa itu sebenarnya mampu tumbuh dengan ukuran yang besar, tapi jarak dari mereka yang memodifikasinya menjadi tanaman bonsai. Asam jawa yang dikenal sebagai tanaman peneduhn ini ternyata bisa dibentuk menjadi tanaman hias bonsai dengan daun yang cukup kecil- kecil, berwarna hijau muda tersusun rapi dan uniknya lagi jika menjelang malam, daunnya akan mengatup seakan tidur seperti layaknya manusia. Meski demikian, jika telah dibuat menjadi tanaman hias bonsai, asam jawa umumnya akan sukar berbuah. Batangnya yang indah dengan goresan- goresan seperti menunjukkan kesan tua pada tanaman tersebut namun  dengan ukurannya yang kecil. Jenis tanaman ini sangatlah cocok ditanam di daerah dataran rendah yang sejuk dan memiliki curah hujan yang tinggi.
Azalea juga merupakan jenis Tanaman hias bonsai yang banyak digandrungi oleh para ibu- ibu. Jenis tanaman perdu ini juga banyak ditanam oleh para Tonghoa yang dipercaya membawa manfaat baik bagi si penanam dan seisi rumahnya.  Meski demikian tanaman hias bonsai ini hanya cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Kurangnya kesejukan di udara akan membuat tanaman jenis ini cepat layu dan rusak. Azalea juga mampu menghasilkan bunga yang cukup cantik dengan warna pink yang kental. Namun untuk versi bonsainya, biasanya bunga akan tumbuh di sepanjang daunnya sehingga saat musim bunga seluruh bonsai yang tadinya berwarna hijau akan langsung berubah menjadi warna pink nan cantik.
Jenis tanaman bonsai yang lain adalah tanaman hias cemara udang. Tanaman hias jenis ini memiliki keunggulan yakni tahan terhadap serangan hama dan gulma sehingga tak heran jika versi bonsai nya memiliki kekebalan yang luar biasa. Memiliki dengan daun yang tipis dan batang yang segar serta bonggol besar yang berlekuk- lekuk seakan mampu memberikan kesan ‘unik’ tersendiri bagi jenis tanaman bonsai ini. Tanaman ini banyak dibudidayakan di pot- pot berukuran besar. Bahkan jika sudah tua, tanaman bonsai ini bisa berukuran sangat besar, jadi pastikan Anda selalu rajin mengganti potnya ketika akarnya sudah mulai keluar dari potnya. Tanaman ini bisa hidup di lingkungan tropis dengan curah hujan yang sedikit.
Bagi para pecinta dan penghobi tanaman, berapapun harga yang harus dibayar untuk sebuah tanaman pasti akan dikeluarkan. Hal itu terbukti dengan larisnya beberapa tanaman dengan harga mahal dan fantastis di seluruh dunia. Banyak tanaman-tanaman mahal yang ternyata harganya bisa melebihi harga motor atau mobil. Berikut 7 tanaman paling mahal di dunia yang mungkin bisa bikin anda tercengang mendengar harganya.
Sanseviera
Lekukan yang dimiliki tanaman sanservania ternyata banyak menarik perhatian baik itu pecinta tanaman hias ataupun pedagang tanaman hias. Jenis sanseviera yang paling mahal adalah jenis kirkii silver blue yang menembus harga 10 juta per daun. Tanaman ini dipercaya bisa mengobati diabetes, wasir hingga kanker ganas. Di Thailand ekstrak tanaman sanserviera sudah dikembangkan menjadi obat kanker dengan harga 700.000 per kapsul.
Anthurium
Anthurium adalah tanaman populer dengan masa trend yang paling bertahan lama. Harga tanaman inipun tak murah. Jenis anthurium yang paling pahal yang pernah terjual adalah jenis jenmani yang harganya mencapai ratusa juta rupiah. Sedangkan jenis anthurium lain harganya bisa mencapai 70 juta rupiah. Tanaman ini memiliki kelebihan pada daunnya yang unik, indah dan bervariasi. Dengan tulang daun yang besar dan menonjol tanaman ini nampak kekar.
Gaharu
Gaharu digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan parfum, kosmetik dan obat-obatan. Gaharu dikenal sebagai tumbuhan aromatik paling mahal di dunia. Di tingkat global harga gaharu bisa mencapai 300 juta per kg. Semakin hitam kayu gaharu harganya semakin mahal. Di Mesir mumi selain diberi rempah-rempah juga diberi cendana dan gaharu. Selain itu serbuknya bisa diunakan sebagai dupa karena dianggap mampu menyucikan peralatan ibadah.
Bonsai
Meski ukurannya kecil bonsai dikenal sebagai salah satu tanaman paling mahal di dunia. Harga termahal bonsai bisa mencapai satu miliar rupiah. Sepintas memang tak terlihat menunjukan tanaman dengan harga selangit, namun bagi pecinta bonsai pohon kerdil ini memiliki nilai tersendiri. Bonsai yang baik secara visual harus seimbang antara daun, tangkai, dahan dan juga akar. Pemeliharaan tanaman yang sulit juga menjadi salah satu faktor kenapa tanaman ini menjadi sangat mahal.

Pohon Pule

Pohon pule masuk jenis pohon besar. Pohon pule berdiameter 5 meter dan tinggi 9 meter bisa mencapai 100 juta rupiah. Mahalnya pohon ini karena tingkat kesulitas yang harus dihadapi penjual, mereka harus mencabut pohon besar tersebut dengan harus menyisakan akar beserta tanah pada bagian pangkal batang.
Pohon Jati
Bukan rahasia lagi bila pohon jati menjadi salah satu pohon paling mahal di dunia. Selain karena tumbuhnya sangat lama jati juga mempunyai kualitas kayu yang paling baik diantara lainnya. Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai jati termahal. Yang berukuran kecil saja bernilai sekitar 10 juta rupiah per batang pohon atau biasanya 4 juta rupiah per meter kubik, ini harga untuk kualitas sedang, harga kualitas terbaiknya bisa mencapai 15 juta per meter kubik. Bahkan pada tahun 2014 pohon jati di Blora terjual dengan harga 1 miliar rupiah dan menjadi pohon termahal di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar