Kamis, 31 Agustus 2017

Tanaman Bernilai Ekonomis Tinggi

tanaman
TANAMAN 
Tanaman Bernilai Ekonomis Tinggi - Tanaman hidroponik merupakan tumbuhan yang ditanam dengan media nutrisi air (hidro) tanpa adanya pupuk atau tanah. Hidroponik kini menjadi cukup populer karena sangat mudah dan bahan-bahan untuk bercocok tanamnya pun bisa didapatkan dengan mudah dan bisa diletakkan dimana saja.

Media yang hanya menggunakan air juga membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat dan memberikan hasil yang banyak, walaupun anda perlu memerhatikan nutrisi yang dibutuhkan serta intensitas cahaya yang diperlukan tanaman.

Jika anda ingin budidaya tanaman hidroponik terutama yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, berikut jenis-jenis tanaman hidroponik yang bernilai jual tinggi dapat menjadi alternatif pilihan.
Cabe/ Cabai
Cabai menjadi peringkat pertama tanaman yang sangat difavoritkan untuk ditanam secara hidroponik. Pernah dengar orang Indonesia tidak bisa makan jika tidak ada cabai? Mungkin karena itulah konsumsi cabai di negeri ini sangat tinggi.
Harga cabai yang saat ini melambung tinggi (50.000-70.000 rupiah per kg) menjadikannya komoditas yang sangat menarik bagi para petani yang menginginkan keuntungan lebih. Jika anda ingin mencoba, halaman rumah pun bisa jadi tempat berkebun cabai secara hidroponik, lho.

Tomat

Siapapun tidak menyangkal bahwa masakan Indonesia sangat membutuhkan tomat dari mulai bahan sup, saus asam manis, hingga sambal pun memerlukan tomat. Anda pasti juga merasakan kebutuhan akan tomat cukup tinggi sehari-harinya. Harga tomat per kg nya kini sudah mencapai 9000 rupiah dan mungkin akan naik di masa depan.
Tomat ternyata juga dapat ditanam secara hidroponik. Bibit tomat bisa dengan mudah anda dapatkan di toko penjual bibit. Untuk lebih amannya, pilih bibit unggul sehingga panen lebih menguntungkan. Semai terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke media air. Buah tomat dapat dipanen pada umur tumbuhan yang pendek, yaitu sekitar 70-90 hari saja.
Selada
Teknik penanaman yang sangat mudah menjadikan selada sebagai primadona tanaman hidroponik. Selada pun banyak dikonsumsi sebagai lalapan teman makan ayam goreng atau pecel lele.
Mungkin anda sudah sangat sering pula melihat selada yang ditanam secara hidroponik. Sebuah data menunjukkan bahwa hidroponik selada sudah tersebar di lahan yang luasnya kira-kira mencapai 300.000 hektar dengan produksi 3 juta ton selada dalam setiap tahunnya.
Harga selada per packnya juga cukup menjual yaitu sekitar 4000 rupiah. Bisa bayangkan berapa keuntungan yang bisa Anda hasilkan dengan hanya beberapa kg selada?
Kangkung
Walaupun harga kangkung sangat murah, yakni hanya 700-800 rupiah dari petani dan 1000-1500 rupiah per ikat di pasaran, sayuran yang satu ini dapat ditanam dengan media hidroponik dan tetap menguntungkan, karena masa tumbuhnya yang cepat. Dalam 20-30 hari saja, Anda sudah dapat memanennya. Perawatan untuk tumbuhnya kangkung pun tidak sulit dan sangat cocok bagi pemula.Tidak hanya sayuran, buah pun dapat ditanam dengan cara hidroponik, salah satunya adalah buah melon, karena memang tumbuhannya merambat dan dapat dipanen dengan cepat. Namun, untuk menanam melon secara hidroponik, ada baiknya untuk menyediakan lahan yang agak luas untuk perambatan tanaman. Harga buah melon yang dapat mencapai 9000 rupiah per kgnya juga tentunya sangat bernilai ekonomi tinggi, apalagi jika dari bibit unggul yang menghasilkan buah yang besar.
Ini sebagai pengasilan tambahan yang cukup menjanjikan, terutama untuk mengisi biaya-biaya yang tek terduga, yang mungkin datangnya bersifat urgete, tanaman ini kalau sudah cukup umur bisa dijual sewaktu-watu anda inginkan.

Kebutuhan Pendanaan besar dan kecil yang harus dikeluarkan:
Biaya anak sekolah/kuliah
Biyaya perkawinan
Biyaya rumah sakit
Acara upacara adat
Perbaikan rumah
Dls

Permechan masalahnya:
Tabungan
Sumber daya productif yang punya nilai economis tinggi dan mudah diuangkan
Pertanian/perkebunan/agroforestry Agroforestry

watani pertanian (jangkapendek) kebutuhan pokok sehari-hari
menanam jagung, ubi-ubian, sayuran, palawija, dls

Keutanan (jangka panjang) sebagai tabungan / investasi
Tanaman kayu-kayuan, buah-buahan, getah, dls

Kehuntungan menanam jenis kayu-kayuan (agroforestry)
Panen kayu
Memanfaatkan lahan yang ada secara maximal
Mudah dalam perawatan dan pemeliaraan (tdk perlu waktu dan  perhatian kushus)

KITA TIDUR TANAMAN BERKEMBANG TERUS

Relative tahan terhadap hama penyakit,banjir, dan kekeringan
Penanaman dan pemeliaraan tidak memerlukan dana besar
Dapat ditanam pada lahan/kebun yang relative jauh dari tempat tinggal
Dapat digunakan sendiri untuk bahan bangunan rumah, perabot Rt, kerajinan tanggan, dls
Bisa dijual untuk pendanaan. Sepanjang tahun

Keuntungan lain:
Sebagai filter dari udara (O2/oxygen)
Tempat berrecreasi dan  tempat mengilangkan rasa penat
Menjaga kesuburan tanah
Menjaga tanah dari erosi, mencegah banjir, -tanah longsor.
Menjamin ketersedian air dalam sumber air
Membuat kesejukan lingkungan

MEMILIH JENIS KAYU YANG AKN DITANAM:

Mempunyai nilai ekonomis tinggi dan laku dipasaran.
Kondisi lingkungan (iklim setempat, ketinggian, kemiringan tanah, tingngkat kesuburan
Sebaiknya memilih kayu yang sesui/yang telah ada ditempat setempat.

BAGAIMANA AGAR KAYU HASIL PANEN BERNILAI TINGGI

Diupayakan agar tumbuh subur (pemupukan/jarak tanam )
Batang lurus dan bulat /bebas dari cabang
Kulit batang sehat (tdk cacat)

Kapan sebaiknya ditanam:
Kapan saja asal ada kesempatan, musim pengujan, peringatan hari-hari penting/besar dikeluarga (baru menikah, ulangtahun, upacara besar,

Harga kayu usuk per cubic metres  4x6 (usuk)
per metre cubic
Sengon/ belalu/albesia> Rp 2.000.000 s/d Rp. 3.000.000
Kayu local bagesting (duren, mangga, pangi, sukun) Rp 2.500.000 s/d Rp. 3.500.000
Unggulan local Bali (tehep, Kutat, sentul, suren, jempinis, kayu batu, kayu keladi, bayur, kayu base, cempaka, nangka dls > Rp 3.500.000 s/d Rp 4.500.000
Unggulan nasional: kamper, kajimas, meranti,  merbau, mahony, keruing, jati dls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar