Kamis, 31 Agustus 2017

Tanaman Hias Daun Lalang

bunga
Bunga
Tanaman Hias Daun Lalang - Selain bunga, Tanaman hias daun juga merupakan salah satu primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Bentuk daunnya yang unik, menarik, dan juga memiliki corak – corak khusus, adalah salah satu alasan mengapa tanaman hias daun sangat diminati dan juga banyak dicari oleh pecinta tanaman di tanah air. Tanaman hias ini cocok juga dipadukan dengan bunga – bunga yang sudah menjadi penghias pekarangan ataupun ruangan rumah Anda. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis dari tanaman hias daun yang bisa menjadi pilihan Anda.

Tanaman hias daun pertama yang bisa menjadi pilihan Anda adalah tanaman kuping gajah. Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? tanaman hias daun ini menjadi salah satu jenis tanaman daun yang populer dan juga banyak disukai oleh seluruh pecinta tanaman di Indonesia karena bentuknya yang unik dan juga lucu. Tanaman ini memiliki daun yang lebar – lebar dan juga memiliki tulang daun yang besar. Bentuknya yang lebar inilah yang menyebabkan tanaman daun ini dikenal dengan nama kuping gajah, karena terlihat seperti kuping gajah apabila dilihat secara kasat mata. Kuping gajah cocok sebagai salah satu jenis tanaman daun indoor, karena tidak membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Bisa Anda letakkan di teras rumah, ataupun di bagian belakang rumah Anda.

Tanaman ini memiliki ciri khas dan keindahan pada daunnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali peminat tanaman hias daun bahkan ada yang berani membelinya dengan harga yang cukup tinggi. Oleh karena itulah banyak petani yang ingin membudidayakan tanaman hias jenis ini.

Selain bunga, tanaman hias daun juga merupakan salah satu primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Bentuk daunnya yang unik, menarik, dan juga memiliki corak – corak khusus, adalah salah satu alasan mengapa tanaman hias daun sangat diminati dan juga banyak dicari oleh pecinta tanaman di tanah air. Tanaman hias ini cocok juga dipadukan dengan bunga – bunga yang sudah menjadi penghias pekarangan ataupun ruangan rumah Anda.

Manfaat alang-alang ternyata memberikan khasiatnya yang baik bagi kesehatan. Pada daerah pertanian tanaman alang-alang sering disingkirkan karena dianggap menjadi gulma bagi tanaman lain. Terkadang gulma tumbuh lebih subur dibandingkan tanaman yang ditanam petani namun sebenarnya keberadaan alang-alang mampu menghindari kerusakan tanah seperti erosi. Jalinan rimpang akar yang berkembangan dalam tanah mampu menahan air saat musim penghujan datang.(Baca : Manfaat Daun Alang-alang)
ads

Pengobatan Tradisional Dengan Manfaat Alang-alang

Berbagai kandungan kimia baik pada alang-alang menghasilkan rasa sejuk seperti yang dirasakan pada manfaat ketimun ataupun manfaat semangka. Kandungan-kandungannya membentuk semacam antipiretik yang dapat menurunkan panas. Selain itu memiliki sifat diuretic yang meluruhkan kemih dan dapat menghilangkan rasa haus. Sifat bahan kiianya yang menyejukkan membuat alang-alang dijadikan bahan pembuatan minuman pereda panas dalam dalam kemasan.

 Meredakan Panas Dalam

Alang-alang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengambil umbi akar alang-alang secukupnya. Caranya :

  • Cuci umbi akar alang-alang terlebih dulu sampai bersih.
  •  Jemur di bawah panas matahari atau di oven sampai kering.
  •  Bila sudah kering tumbuk umbi akar tersebut hingga menjadi bubuk.
  •  Bubuk alang-alang bisa disedu dengan air panas dan dinikmati dengan tambahan manfaat madu secukupnya sebagai perasa.

Untuk panas dalam :

    Manfaat Adem Sari
    Manfaat Daun Sambiloto
    Manfaat Cincau Hitam
    Manfaat Labu Air
    Manfaat Buah Naga
    Manfaat Liang Teh
 Mengatasi Sakit Ginjal

Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi sakit ginjal. Seperti yang sudah diketahui sakit ginjal jika tidak segera diobati dengan benar bisa menyebabkan komplikasi. Caranya :

    Siapkan 120 gram akar alang-alang segar
    Cuci bersih akar tersebut lalu rebus dalam 3 gelas air
    Biarkan sampai mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas saja
    Air rebusan akar alang-alang ini baik diminum rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore

Alang-alang memang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan ringan sampai berat.

Top 1 herbal untuk ginjal :

    Manfaat Daun Kelor Untuk Ginjal
    Manfaat Kulit Manggis untuk Ginjal
    Manfaat Daun Sukun Untuk Ginjal
    Manfaat Jahe Untuk Ginjal
    Mengobati Mimisan

Umumnya masyarakat mengenal manfaat sirih sebagai obat alami mimisan. Akan tetapi, akar alang-alang dapat digunakan sebagai pengobatan mimisan. Caranya :
Sponsors Link

    Siapkan akar alang-alang yang masih segar secukupnya
    Cuci bersih dan pastikan tidak ada sisa kotoran atau tanah yang masih menempel
    Tumbuk akar alang-alang segar lalu peras untuk mendapatkan sarinya
    Kumpulkan sari akar alang-alang kurang lebih 100 cc, bila sudah bisa langsung diminum.

Herbal untuk mimisan :

    Manfaat Bunga Teratai
    Manfaat Tebu Hitam
    Manfaat Tebu Hijau
 Mengobati Kencing Darah

Kencing darah adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa bagi penderitanya. Oleh sebab itu, perlu segera dilakukan upaya untuk mengobati kencing manis ini. Caranya cukup mudah :

    Siapkan 100 gram akar alang-alang segar, cuci bersih, lalu potong kecil-kecil
    Rebus potongan akar alang-alang dengan 2 gelas air. rebus hingga tersisa separuhnya
    Bila sudah angkat lalu dinginkan rebusan
    Saring untuk memisahkan air rebusan dan ampas
    Air rebusan akar alang-alang ini baik diminum 2 kali sehari secara rutin.
 Obat Muntah Darah

Akar alang-alang efektif pula sebagai obat muntah darah. Caranya :

    Coba ambil akar alang-alang sekitar 30 sampai 60 gram, cuci bersih, lalu potong-potong
    Rebus potongan akar alang-alang tersebut dalam 3 gelas air
    Tunggu sampai air mendidih dan bersisa 1 gelas
    Bila sudah dinginkan lalu saring untuk memisahkan ampasnya
    Air rebusan alang-alang ini bisa diminum setelah dingin.

Top herbal untuk mengobati muntah darah :

    Manfaat Daun Binahong
    Manfaat Vitamin K
    Manfaat Daun Dewa
    Manfaat Daun Legundi
    Manfaat Tangkur Buaya
    Manfaat Daun Suji

Selain 5 Manfaat utama di atas, alang alang juga memiliki 25 manfaat lainnya yaitu :
ads

    mengobati penyakit batu ginjal.
    menyembuhkan infeksi ginjal.
    mengobati kencing batu.
    menyembuhkan penyakit batu empedu.
    Akar ilalang mengobati keputihan.
    menyembuhkan air kencing berdarah.
    obat buang air kecil tidak lancar.
    menyembuhkan mimisan.
    menyembuhkan kencing terus-menerus.
    mengobati penyakit prostat.
    mengobati batuk rejan.
    mengobati sakit campak.
    mengobati sakit radang hati.
    menyembuhkan sakit asma.
    mengobati pendarahan pada wanita.
    menyembuhkan hepatitis.
    menyembuhkan demam.
    tekanan darah tinggi.
    mengobati urat saraf lemah.
    Mengobati penyakit radang paru-paru.
    menyembuhkan gangguan pencernaan.
    mengobati diare.
    penyakit jantung koroner.
    penyakit batuk berdarah.
    Mengobati muntah darah

Manfaat Bunga Alang-Alang

Selain bagian akar alang-alang ternyata bunga alang alang juga bisa meredakan gejala mimisan dan batuk berdarah akibat menderita sakit paru-paru. Untuk mendapatkan manfaat ini, alang alang digunakan sebagai obat perawatan dari luar. Caranya :

    Ambil bilir bunga lengkap dengan tangkai bunganya
    Haluskan bilir bunga dan tangkai bunga alang-alang tersebut lalu giling sampai halus lembut
    Setelah halus masukkan hasil gilingan ke dalam hidung untuk menyumbat atau menghentikan mimisan
    Adapun pengobatan dari dalam bisa dicoba dengan cara meminum air rebusan akar dan bunga alang-alang

Fisiologis Tanaman Alang-alang
manfaat-alang-alang

Alang-alang

Ciri-ciri pada tanamannya merupakan rumput memanjang dan tumbuh merumcing ke atas pada ujungnya terdapat bunga alang-alangnya. Rumpunan alang-alang biasanya terdapat pada sekitaran tanaman dengan kelapangan tanah yang langsung mendapatkan matahari. Alang-alang yang membentuk rumpun sering dibakar petani namun hal ini tidak akan mematikan alang-alang karena akarnya tetap bisa menumbuhkan alang-alang kembali. Pertumbuhan tanaman alang-alang relatif cepat karena perkembangbiakan vegetatif dan generatif yang sederhana.

Tanaman alang-alang mengandung unsur kimia alami seperti glukosa, manitol,  asam sitrat, asam malic, arundoin, coixol, fernerol, silindrin,anemonin, simiarenol, esin, saponin, alkali, polifenol, dan taninin. Kandungan ini terdapat pada bagian batang, akar dan bunganya yang sering dijadikan alternatif pengobatan tradisional seperti pada manfaat kunyit putih ataupun manfaat temulawak.

Ada banyak manfaat alang-alang bagi kesehatan dan pengobatan, selain untuk mengobati panas dalam. Alang-alang atau ilalang adalah rumput liar yang memiliki daun tajam dan sering dianggap sebagai gulma bagi tanaman lain. Alang-alang layak dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat, disebabkan daun dan akarnya yang memiliki sejumlah nutrisi penting. 12 Manfaat Akar Alang-alang Untuk Mengobati Penyakit Berat Tanaman alang-alang memerlukan intensitas cahaya yang memadai, supaya dapat tumbuh dengan baik. Alang-alang (Imperata cylindrica) dapat berkembang dengan cepat, melalui benih yang terbawa oleh terpaan angin. Ilalang banyak tumbuh di area persawahan dan tepi jalan. Fakta nutrisi pada Alang-alang Penelitian yang pernah diadakan di Jepang menunjukkan bahwa rimpang ilalang mengandung imperanene yang bersifat agregasi trombosit, yang dapat menghambat sel pembeku darah. Efeknya sama dengan aspirin yang mampu mencegah koagulasi darah pada penderita serangan jantung. Alang-alang juga mengandung cylendrene yang mampu mengendurkan pembuluh darah pada otot polos, sehingga melancarkan aliran darah dan zat yang disebut Graminone B yang mampu bertindak untuk mencegah penyempitan pada pembuluh darah aorta. Akar alang-alang mengandung senyawa penting seperti tanin dan saponin. Daun ilalang mengandung senyawa penting, yaitu polifenol. 12 Manfaat Alang-alang Untuk Mengobati Penyakit Berat Meskipun alang-alang kurang mendukung pertanian, tapi tanaman ini ikut berkontribusi dalam dunia kesehatan. Berikut ini adalah manfaatnya bagi kesehatan dan pengobatan: 1. Mengobati Asma Untuk meredakan gejala penyakit asma, akar alang-alang cukup efektif sebagai bahan tradisional. Caranya, sediakan 100 gram akar alang-alang, 25 gram daun sirih, dan 25 gram kencur. Rebus semua bahan alami ini bersama seliter air hingga menyisakan setengah liter. Selanjutnya saring, kemudian tambahkan 1 sdt air jeruk nipis dan 1 sdm madu. Minum airnya dengan rutin, menjelang tidur malam. 2. Mengobati Radang Paru-paru Sediakan bahan-bahan alami seperti 500 gram akar alang-alang, 10 kuntum bunga melati kering, 5 lembar daun sembung, dan sedikit garam. Rebus semua bahan bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya, kemudian saring. Airnya dapat diminum untuk 2 kali pemakaian, di pagi dan sore hari. 3. Mengobati Kencing berdarah Sediakan 100 gr rimpang alang-alang, kemudian dicuci dan dipotong-potong. Rebus bersama 2 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya. Biarkan air menjadi dingin kemudian saring dan minum airnya dengan rutin, dua kali dalam sehari. 4. Mengobati Panas Dalam Untuk membuat ramuan tradisional, cuci rimpang alang-alang hingga bersih. Panaskan di bawah cahaya matahari, sampai menjadi kering. Tumbuk rimpang alang-alang hingga menjadi serbuk. Seduh bubuk ini bersama secangkir air panas, tambahkan madu untuk perasa. Minum airnya, untuk meredakan panas dalam. 5. Mengatasi Muntah Darah Untuk mengobati muntah berdarah, cobalah konsumsi alang-alang. Cuci 50 gram akar alang-alang, kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa segelas saja. Minum airnya, setelah dingin sampai penyakit sembuh. 6. Mengobati batu ginjal Untuk meluruhkan dan mencegah batu ginjal, siapkan 100 gram akar alang-alang. Selain itu, sediakan juga daun meniran dan daun kumis kucing masing-masing sebanyak setengah genggam. Rebus semua bahan bersama 5 gelas air hingga airnya menyusut separuhnya. Tunggu sampai airnya dingin, kemudian saring. Minum 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak segelas. Lakukan cara ini sampai batu keluar melalui sekresi urin. 7. Peluruh urin (diuretik) Sediakan 250 gram akar alang-alang yang telah dicuci dengan air, kemudian tambahkan gula batu. Rebus keduanya bersama 3 gelas air selama sekitar 15 menit, lalu biarkan hingga dingin. Saring dan minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak segelas. 8. Mengobati tekanan darah tinggi Untuk mengatasi hipertensi dan melancarkan aliran darah, cobalah sari alang-alang. Cara membuatnya, sediakan manisan labu putih(tangkue) dan 200 akar alang-alang. Rebus keduanya dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa segelas saja. Setelah airnya dingin, saring dan minum dua kali dalam sehari. 9. Mengobati mimisan dan hepatitis Untuk mengatasi kedua masalah kesehatan ini, gunakan akar alang-alang. Tumbuk rimpang alang-alang segar yang telah dicuci sebelumnya, kemudian peras untuk mengambil sarinya. Setelah airnya terkumpul sebanyak 100 cc, segera minum sampai habis. 10. Mengobati Diare Untuk meredakan diare, rebus 250 gram rimpang alang-alang bersama 2 gelas air selama sekitar 20 menit. Minum airnya saat dingin, masing-masing segelas. 11. Mengobati penyakit prostat Untuk mengatasi sakit prostat, rebus 500 gram rimpang alang-alang bersama 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas saja. Biarkan airnya menjadi dingin, kemudian minum setiap pagi, siang, dan malam hari. 12. Mengobati Keputihan Untuk mengatasi masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita ini, cobalah alang-alang. Caranya, sediakan 500 gram akar alang-alang, 5 gram adas pulasari, dan 2 lembar daun pepaya. Rebus semuanya bersama 2 gelas air, hingga airnya menyusut separuh. Saring dan minum ramuan alami ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Nah, itulah 12 manfaat alang-alang untuk mengobati penyakit berat. Simak juga: 12 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat. Jika anda kesulitan mendapatkan akar ilalang segar, temukan di berbagai tempat yang menjual akar tanaman ini dalam bentuk ekstrak atau akar kering.

Pada kebiasaannya daun lalang sering tumbuh melata di mana-mana sahaja. Baik di semak, kawasan belukar, rumah terbiar, celah-celah tanaman, tepi parit, tanah terbiar dan jika ia tumbuh di sesuatu kawasan maka ini akan mampu menakluk seluruh kawasan persekitaran di sekelilingnya. Daun lalang adalah sejenis rumput liar yang amat di benci semua orang bukan kerana dia beralur panjang tapi ia adalah salah satu tumbuhan yang agak degil untuk dimusnahkannya. Pertumbuhan dauan lalang di kawasan ladang tanaman sering menyebabkan gangguan kepada tanaman lain. Biasanya lalang akan memenangi perlumbaan dalam pertumbuhan rumput-rumput lain dan ia membiak dengan pantas tanpa disedari, kerana pembiakannya melalui akarnya yang melebar didalam tanah. Daun lalang mempunyai pelbagai khasiat dalam menyembuhkan pelbagai penyakit tertentu. Dari bahagain daunnya sehinggan ke akar semuanya mempunyai kemujaraban yang tersendiri. Akar daun lalang di rebus bersama air. Kemudian di mandi bagi mendapatkan kesegaran dalam badan. Sekiranya mengalami luka pada tubuh badan, tumbuk akar lalang tersebut sehingga lumat dan tempelkan pada kawasan tersebut. Akar lalang sebenarnya mengandungi sumber gula yang mampu menjadi penawar kepada kencing bernanah, Syphylis dan buah pinggang dengan meminum air rebusan lalang berterusan mengikut peraturan yang tertib 2 kali sehari pagi dan malam. lalang Bagi meningkatkan tenagan batin pula akar lalang dicampurkan dengan beluru dan rebung buluh gading, direbus dan diminum airnya . Tenaga Batin akan lebih kuat, ampuh dan mampu bertahan lama. Bagi yang sering mengalami sengal-sengal tulang, urat dan otot bakar daun lalang tersebut sehingga menjadi abu. Setelah itu pupukkan atau bungkuskan abu itu dengan kaian agar menjadi bentuk punjut dan letakkan ia pada bahagian yang terasa sengal. sekiranya menghidap asma atau lelah. Rebuskan akar lalang tersebut dan airnya dicampurkan dengan madu lebah kemudian di minum. Batang lalang dikatakan boleh dijadikan sebagai bahan tonik bagi tujuanpemulih untuk penyakit-penyakit dalaman serta dapat meningkatkan aliran air kencing dan mengatasi masalah jangkitan saluran kencing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar